Wednesday, October 12, 2016

Contoh Soal Tes Ability Bank Mandiri

Hay Sobat Bloger,, Kali ini saya akan menulis tentang Tes Ability / SHL di Bank Mandiri.

Mungkin anda bertanya-tanya apa sih tes ability itu?

Sebelum saya bahas lebih dalam tentang tes ability saya ucapkan selamat bagi para calon karyawan Bank Mandiri yang sudah lolos hingga tahap ini, dan good luck untuk tahap berikutnya.

Apa sih sebenarnya TES ABILITY itu?

Tes ability adalah tes kemampuan yang bertujuan untuk mengukur kemampuan penalaran logis atau kemampuan berfikir seseorang. Tes ini berbentuk pilihan ganda dengan satu jawaban yang benar dan diadministrasikan dalam waktu terbatas, misal 1 jam (60 menit) untuk 60 soal. Dalam tes ini biasanya peserta disarankan membawa laptop/notebook sendiri, kalkulator, dan berkas lamaran kerja lengkap dengan lampiran CV dan ijazah.

 Tes ability di Bank Mandiri terbagi menjadi 4 kategori, yaitu:

1. PENALARAN VERBAL

Dalam tes penalaran verbal, biasanya anda diberi teks informasi dan diminta untuk menilai suatu set pernyataan dengan memilih salah satu dari kemungkinan jawaban berikut :

A. Benar (pernyataan secara logis berdasar informasi atau opini yang terdapat dalam teks)

B. Salah (pernyataan yang salah berdasar informasi atau opini yang terdapat dalam teks)

C. Tidak dapat diketahui (tidak dapat menentukan apakah pernyataan tersebut benar atau salah tanpa informasi lebih lanjut)

Dalam contoh berikut, jawablah pertanyaan dengan mengetik A, B, atau C sesuai dengan informasi yang ada pada paragraf dibawah ini.

"Banyak perusahaan merasa dirugikan dalam mempekerjakan mahasiswa pada liburan musim panas. Pegawai tetap sering kali ingin mengambil hak cuti dalam musim tersebut. Apalagi, perusahaan sering mengalami beban kerja tinggi pada musim panas sehingga membutuhkan staf tambahan. Peluang kerja pada musim panas juga menarik perhatian mahasiswa setelah lulus nanti dapat kembali ke perusahaan sebagai yang memenuhi kualifikasi. Karena mahasiswa diminta mengenal sebanyak mungkin tentang perusahaan perusahaan tersebut maka ada dorongan untuk bekerja secara tetap. Perusahaan mengaji mahasiswa dengan tarif baku tanpa tunjangan hari libur dan hak cuti sakit".

Pernyataan 1. Ada kemungkinan bahwa pekerjaan pegawai tetap yang sedang berlibur ditangani oleh mahasiswa.
                                (A)                                          (B)                                               (C)

Pernyataan 2. Mahasiswa yang bekerja dimusim panas diberi tunjangan hari libur sama seperti pegawai tetap.
                               (A)                                          (B)                                                (C)
Pernyataan 3. Mahasiswa wajib tunduk pada prosedur standar tata tertib dan keluhan yang dimiliki perusahaan.
                               (A)                                          (B)                                                (C)


2. PENALARAN NUMERIK

Dalam penalaran numerik anda diminta menjawab dengan menggunakan fakta dan angka yang disajikan pada tabel statistik. Dalam tiap pernyataan biasanya anda diberi sejumlah pilihan jawaban, dan hanya satu dari setiap jawaban yang benar. Bila perlu gunakan kertas buram / kalkulator.

Tes Penalaran Numerik ini berkaitan dengan hitungan yang ditampilkan pada data yang ada pada tabel, diagram, maupun deret angka. bagi anda yang jago atau suka matematika tes ini tidaklah sulit dan pasti bisa menjawab dengan mudah.


3. PENALARAN INDUKTIF

Tes penalaran Induktif mengukur kemampuan yang penting dalam menyelesaikan masalah. Tes penalaraan induktif juga sering disebut tes penalaran abstrak atau tes gaya diagramatik. Tes penalaran induktif mengukur kemampuan untuk secara flesibel menangani informasi yang tidak dikenal dan menemukan solusi. Orang yang nilainya baik dalam tes ini memiliki kemampuan besar untuk berfikir baik secara konseptual maupun analitikal. 

Tes penalaran Induktif ini berbentuk pola gambar, yang memiliki alur untuk ditentukan alur selanjutnya. Sebelum memilih jawaban anda wajib mempelajari pola pada gambar dan alur selanjutnya seperti apa sehingga anda dapat menentukan arah alur selanjutnya yang akan dijadikan jawaban yang tepat. 


4. KUISIONER KEPRIBADIAN 

Dalam kuisioner kepribadian ini ditujukan untuk mengukur preferensi perilaku pribadi yakni, seberapa senang anda bekerja. Kuisioner tersebut tidak berkaitan dengan kemampuan anda, tetapi bagaimana anda menilai diri anda saat berhubungan dengan orang lain, pendekatan anda dengan masalah, dan bagaimana anda mengatasi perasaan dan emosi. Dalam tipe penilaian seperti ini tidak ada jawaban benar atau salah.

Setiap tes diberikan batas waktu sendiri- sendiri sesuai dengan porsi dan bobot pertanyaan. untuk tes kuisioner kepribadian tidak terlalu terpacu dengan batasan waktu karena tidak ada jawaban yang benar ataupun yang salah. tips nya hanya diperlukan konsisten dalam memilih pernyataan yang sudah pernah dipilih sebelumnya karena tidak sedikit pertanyaan yang diulang kembali dalam bentuk yang hampir sama.

Tidak ada yang sulit dibandingkan melawan diri sendiri, kemalasan adalah salah satu hal tersulit dalam melawan diri, selalu berusaha dan dapatkan hasilnya. Tidak ada hasil yang menghianati usaha, selalu yakin pada diri sendiri dan jangan lupa berdoa. Salam sukses!!!!!




22 comments:

  1. Replies
    1. Terimaasih, Semoga manfaatnya bisa di rasaan ya...

      Delete
  2. terimkasih atas informasinya

    ReplyDelete
  3. Mau tanya kak...kl test abillity diperuntukan yg lulusan D3/S1 saja atau sma jg bs?

    ReplyDelete
  4. Mau tanya kak...kl test abillity diperuntukan yg lulusan D3/S1 saja atau sma jg bs?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk test ability tidak melihat dari lulusan apa, kalau untuk lulusan mungkin lebih ke test administrasi dulu, jika secara administrasi lolos baru ketahapan test ability dan seterusnya.

      Delete
  5. Permisi kak , maaf aku mau tanya .. Aku dapat panggilan interview di bank mandiri dan sudah lewat tahap perkenalan . sekarang lagi tahap pengumpulan berkas dan psikotest .. pihak interview ngasih link shl katanya untuk test psikotest online . itu maksudnya bagaimana ya ? saya masih kurang paham dan juga karena saya baru pertama kali ikut test seleksi masuk karyawan bank . Mohon balasan dan penjelasannya . Terima kasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello Ades Ivo Isnaini,,
      Jadi Test SHL adalah tes yang dilakukan secara online (pertanyaan dan jawaban ada pada link yang diberikan).
      Jadi setelah mendapat link tes SHL masuk dan ikuti saja petunjukan yang diberikan untuk mengerjakan test dengan waktu yang sudah ditentukan.

      Delete
  6. hallo ka .terimakasih sebelumnya untuk informasi ini sangat bermanfaat. aku mau bertanya ka,ketika kita mau di test psikotest online, apakah sudah di sediakan komputer nya? apakah harus membawa laptop?
    terimakasih :) mohon balasan dan penjelasan nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello sobat Bloger...
      Untuk tes online bisa disesuaikan dengan intruksi. Sesuai pengalaman yang pernah saya ikuti, tes online yang dilakukan menggunakan laptop sendiri. Intruksi dilakukan bersamaan dengan panggilan untuk mengikiti tes,saya sarankan membawa laptop sendiri untuk memudahkan kita mengoperasikan komputer karena sudah terbiasa.
      Semoga jawaban ini membantu dan sukses untuk anda.

      Delete
  7. Makasih kak kebetulan besok tes tes shl di bank mandiri hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Putri Septiani semoga beruntung...

      Delete
  8. permisi mau tanya itu ada soal hitungannya ya?dan susah ga si hehehe senin soalnya dipanggil bank mandiri test ability

    ReplyDelete
    Replies
    1. Helo sobat bloger...
      Untuk soal hitungan pastinya ada, Bank kan berkaitan dengan uang dan pastinya perlu hitungan.
      Untuk gampang atau susah itu relatif ya, susah menurut saya belum tentu susah menurut anda. Yang penting persiapan saja jangan takut sebelum mencoba.
      Tips nya selalu Pecaya Diri saja, terus persiapan dengan mencari banyak contoh soal serta informasi pendukung dan jangan lupa berdoa.
      Semoga beruntung ya.....

      Delete
  9. thanks ya info nya..
    kalau misalkan tidak punya leptop gimana kakak, apakah di sediakan oleh pihak SHL atau gimana.?

    ReplyDelete
  10. mau nanya nih, aku dpt panggilan dr bank mandiri.. tp disuruh bawa kalkulator.. ada yg berpengalaman ujiannya apa??

    ReplyDelete
  11. Saya pegawai produktif, bahkan di 2017 menjadi cs terbaik tingkat regional, amgla lemjualan dan prstasi pencapaian pun tinggi. Ttapi saat pengangkatan jabatab, test ability kurang hasil nya dan dinuatakan tidak lulus, teman yang konerja dibawah saya justru lulus. Adilkah? Angka pencapaian selalu diatas 100% bahkan sempat 500% selama 3tahun berturut2 telah bicara.. Apakah itu kurang..
    Hasil intervkew pun tidak ada masalah..
    Sorry to say yah seakan curhat..

    ReplyDelete
  12. Mau nanya, kalau tes shl nya itu dalam bahasa Indonesia atau bhs. Inggris ya?

    ReplyDelete